Selasa, November 12, 2013

Melayani dan Menafkahi, Pasangankah?


“Eh, kamu kan cewek, buatin kopi donk!”

“Eh, kamu kan cewek, kamu donk yang harus cuci piring.”

“Eh, kamu kan cewek, sana bikin minum untuk tamu!”

Pernah mendengar kata-kata itu? Buat yang sering kerja tim yang mengharuskan tinggal satu atap atau berdekatan dengan teman satu tim, pasti pernah mendengarnya. Banyak laki-laki yang punya bibit ‘egois’, main suruh aja. Kedoknya.”Kamu kan nantinya jadi ibu rumahtangga, mbok ya belajar.” We..lha kok PD bilang gitu. Lagian ngapain juga belajar jadi ibu rumahtangga, dengan cara melayani yang nggak seharusnya dilayani. Manja amat jadi cowok!. #lho? kok jadi sewot.

Sory bray, hanya ingin menuliskan hal-hal yang nyeleneh tapi kadang menjadi sesuatu yang dibiasakan di masyarakat. Salah satunya ya tadi, pembagian ranah yang amburadul. Seolah ada peraturan yang saklek tanpa bisa diamandemen lagi. bahwa ranah domestic yang biasanya meliputi, mencuci, memasak, mencuci piring, nyapu rumah, ngepel rumah, bikin minum untuk tamu dan sejenisnya, itu adalah tanggungjawab perempuan. wadaw, kita bukan PRT bray!!.

Okelah, namanya laki-laki emang tugasnya menafkahi (duh romantisnya #lho?), tapi apa iya menafkahi dan melayani itu satu paket. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya untuk membuat kopi yang dia minum sendiri, seorang laki-laki masih sanggup lho. apalagi bagi laki-laki yang memang belum punya istri. Jadi nggak perlu cari alibi biar temennya mau bikinin kopi. Buat yang sudah menikah juga sebenarnya itu bukan hal yang berat. Apalagi kalau si istrinya lagi pegang setrika siap bertempur dengan setrikaan segunung, atau lagi perang dengan cucian membandel (misalnya).

Kadang hal-hal seperti ini menjadi boomerang. Alasannya, istri kan harus taat dengan suaminya. Duh, kalau hanya ini yang dijadikan pedoman untuk ‘menindas’ istri, bisa dijamin, tuh laki-laki nggak paham agama. Cari enaknya doank. Taat dalam arti ini, penjelasannya luas, pake banget. Jangan hanya mengingat kebaikan-kebaikan istri nabi dan sahabat nabi yang begitu luar biasa. Tapi ingat juga, Rosul juga nggak segan membantu istrinya mengerjakan pekerjaan rumahtangga. Jadi pada hakikatnya, melayani dan menafkahi itu nggak sepasang.

Tapi bukan mentang-mentang suaminya baik banget, lalu si perempuan jadi malas ‘memanjakan’. Kalau semuanya seimbang dan nggak ada yang merasa dipaksa kan nyaman.
Jadi buat para cewek yang punya temen cowok yang suka maen suruh apalagi dengan alibi biar latihan jadi ibu rumahtangga, sepertinya tuh orang perlu dilempar bunga mawar. Jangan lupa sama potnya sekalian. :D.


_J_
Rancabango,

Tarogongkaler, Garut, 121113

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment