Rabu, Maret 07, 2012

Bau Mulut


Oh….no. TIDAAAKKK!!!



Jangan sampai deh hanya gara-gara bau mulut kita jadi minder dari pergaulan, apalagi jadi gak ada orang yang mau ngomong sama kita. Oh…no, bisa gaswat. Hem..sije punya pengalaman pribadi yang kurang enak (pastinya) dengan bau mulut. Sije punya seorang teman, entah kenapa, setiap kita ngobrol pasti yang tercium pertama kali adalah bau naga alias bau mulut. Alamaakk… gimana coba bilanginnya. Masak iya sije langsung bilang, “eh, tadi pagi sikat gigi kagak sih?”, atau “eh, tadi pagi makan jengkol yak?”. Wuihhh…suadis beud. Bisa-bisa tuh orang yang diingetin bukan tambah sadar tapi malah nglempar sandal. Tapi mana tahan.

Nah, yang namanya bau mulut emang sangat mengganggu, bukan hanya mengganggu yang punya mulut bau (kayaknya bahasanya sadis). Tapi mengganggu juga bagi yang lawan bicara. Padahal yang namanya bau mulut tuh, terkadang dan seringnya orang yang menjadi sumber bau mulut, tidak sadar kalau mulutnya bau. Alhasil dia akan dengan PeDe berkoar-koar, ngobrol cas cis cus dengan berbagai macam orang. Padahal tuh orang-orang yang diajak ngobrol udah pengen pingsan aja di deket dia. Trus…gimana donk. Ehm..gimana ya?

Selama ini kalau sije harus berhadapan dengan orang yang seperti itu, sije akan mengeluarjan jurus tahan napas. Hehehe. Dari pada nyakitin hati orang kan lebih baik nyakitin hidung sendiri. Misalnya udah gak kuat lagi nahan napas, gantian napas pakai mulut. Bernapas pakai mulut, akan membuat kita tidak mencium bau-bauan yang ada di sekitar kita. Resikonya, semua udara yang masuk ke tubuh kita tidak tersaring. Kayak orang flu gitu deh. Tapi kalau disuruh ngomong, piye? Nah ini dia, kalau kita hanya sebagai pendengar yang baik sih, gak masalah diem dan hanya mendengarkan, tapi kalau lawan bicara kita tiba-tiba bilang , “gimana menurutmu?” krik…krik..krik…benteng pertahanan harus dibuka. Sekedar saran dari sije, ambil langkah mundur, atau ambil langkah ke kanan atau ke kiri, usahakan tidak segaris dengan si empunya bau mulut. Meskipun yang namanya gas itu kerapatannya cukup besar dan mudah menyebar. Paling tidak saat kita berdirinya tidak segaris, maka bau mulut itu bisa sedikit di antisipasi biar tidak masuk langsung ke hidung kita.

Kalau ternyata bau mulut itu sumbernya dari mulut kita, gimana donk??

Gimana ya? Jangan bicara dan tutup mulut aja. Hehehe. Bercanda. Sebagai insan yang sangat menjaga kebersihan, halah ngemeng apa sih. Seperti yang tertulis di atas, bahwa orang yang mulutnya bau biasanya tidak menyadari kalau ada bau naga yang keluar dari mulutnya. Sama hal nya dengan kita, saat ada bau naga yang keluar dari mulut kita, kita seringnya tidak menyadari  hal itu. Orang-orang sekitar pun cenderung untuk diam saja. Bukan bermaksud untuk mendiamkan, tapi takutnya menyinggung perasaan kalau mengingatkan. Sebaiknya memang kita sendiri yang mengantisipasi, apakah mulut kita bau atau tidak. Misalnya nih, pagi-pagi sarapannya mie goreng lengkap dengan taburan bawang goreng, maka bisa dipastikan, mulut kita akan bau bawang goreng sepanjang kita belum sikat gigi. Atau kalau kita pagi-paginya makan semur jengkol atau nasi goreng pete, maka bisa dipastikan setelah itu mulut kita akan bau jengkol dan pete. Belum lagi kalau kita makan nasi goreng pete dengan taburan bawang goreng. Oh…No, itu bukan hanya bau naga, dan yang ada di sekitar kita bukan hanya lari, bisa-bisa pingsan.

Ada tips gak? Ada donk. Pastikan sebelum berangkat beraktivitas, kita sudah sikat gigi. Sikat giginya pakai pasta gigi, bukan hanya dengan sikat doank. Pasta gigi mengandung zat-zat yang dapat membunuh bakteri sehingga bisa cukup ampuh mengusir bau mulut dari mulut kita. Bagi yang suka terlambat bangun, siapkan seperangkat sikat gigi dan pasta gigi di dalam tas. Jadi kemanapun kita pergi kita siap dengan peralatan kebersihan mulut.

Selain itu, jangan makan makanan yang menimbulkan bau-bauan kuat saat akan berangkat ke tempat yang banyak orang. Misalnya saat akan ke kampus. Duren, bawang goreng, pete, jengkol, adalah beberapa contoh makanan yang bisa menyebabkan mulut kita bau. Selain merugikan orang lain, kita jadinya juga akan tidak nyaman buat ngomong kalau mulut kita bau.

Nyookkk….kita berantas bau naga dari muka bumi ini. Minimal dari diri kita sendiri deh. Oke guys…BTW, tadi pagi udah sikat gigi belum?

Yogyakarta 7 Maret 2012
05.42 am

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment