Senin, Oktober 15, 2012

Si Dia yang Suka Pinjem Buku



Awalnya saya ingin memberikan judul ‘Adab memimjam buku’ untuk artikel ini. Tapi, kalau dipikir-pikir, abot beud judule. Bikin males ynag mbaca. Saya sendiri kalau disodori buku atau tulisan yang beraroma ‘tua’ ogah mbaca. Udah underestimate gitu deh, hehehe, maklumlah, bahasa saya masih sok gaul gitu. Tapi, jujur saja, saya paling ilfeel sama sesuatu yang berbau alay. Sms alay, gaya bicara yang alay, pokokmen yang alay-alay saya ogah deket-deket. Bukan karena saya katrok, tapi saya butuh waktu yang lumayan lama untuk menerjemahkan sesuatu yang alay-alay tersebut. Halah bilang aja lola. Eh..kagak ya, enak aja.  Loh koq mbahas alay sih? Back to topic!

Saya termasuk orang yang pilih-pilih untuk meminjamkan buku. Buku apapun, buku bacaan, diktat kuliah, apalagi buku diary (kalau yang ini rahasia perusahaan) J. Ih, Sije pelit! Eitss…jangan su`udzon dulu donk. Ada sebabnye nih. Dulu saya gampang banget meminjamkan buku keteman-teman saya. hingga suatu ketika salah satu buku kesayangan saya dipinjam seseorang. Saat dipinjam tuh buku masih klimis, kinclong, licin deh. Tapi begitu balik, tuh buku udah kayak habis diajak gulat. Anyel banget nggak sih?

Pembatas buku yang awalnya masih lurus kayak habis direbonding, saat dikembalikan sudah seperti habis dikeritingin disalon. Huaaaa….saya murka. Sumpeh deh! Pengen deh tuh orang tak jitak, beruntung tuh orang cowok (sebenernye kagak ngaruh sih mau dia cowok atau kagak, jitak kan nggak harus pakai tangan, bisa pakai sandal gunung, rasanya juga lebih mantap hehehe), dan posisinya kita ketemu ditempat umum. Jadinya saya bisa menahan diri untuk tidak berbuat ‘anarkis’. Hanya saja, garis lengkung keatas diwajah saya langsung berubah menjadi lengkungan kebawah. Hhrrgg…sebeeeellll! Pengen marah, tapi pengen nangis juga. Hiks..buku gueh tuh. Udah pinjemnya setahun lebih. Tahu kagak sih tuh orang kalau lagi pinjem buku gueh. Tuh buku dibaca atau diajak gulat sih, sampai jadi kucel bin kummel gitu. #malah curhat

Nah, blogie pernah mengalami hal itu kah? Minjemin buku yang masih licin ke orang, balik-balik udah tak berupa. Bagiamana perasaannya? Sebel? Mangkel? Atau malah pengen murka? Tenang-tenang, kita senasib koq J. Kini, saya tak menyediakan ruang toleransi buat pinjem-meminjem buku. Minjem buku licin harus kembali licin. Kalau rusak musti ganti! Pasti ada yang mau nanya, kenapa nggak minta diganti aja buku yang tadi di ajak gulat ma orang. Huh..ogah kalau diganti, meski diganti dengan buku yang sama pun, rasanya tidak akan sama. soalnya buku itu hadiah dari seseoranng. Cieee, cie..! Hush…bukan dari siapa-siapa, dari kakak, hadiah ulang tahun ke-19. Jadi bukunya rasanya beda banget. Mau diganti ya tetep aja rasanya beda.

Buat antisispasi, kini bukuku berlabel semua hehehe. Label identitas serta ketentuan peminjaman. Duileh serasa petugas perpustakaan aje. Iyalah, kagak ada ceritanya jatuh pada lubang yang sama. Bisa-bisa semua bukuku jadi atlit gulat semua. Eh..dari tadi bawa-bawa gulat mulu. Map yak yang suka olahraga gulat, saya tidak menemukan kata lain yang lebih pas. J

Ini juga bisa blogie praktekkin, fisrt, sempatkan untuk menyampuli buku dengan sampul plastik semua buku yang blogie punya. biar nggak debu-an, biar nggak gampang kummel warnanya.

Second, beri identitas, bisa berupa tanda tangan, ataupun dalam bentuk label yang ditempelkan di cover buku. Antisipasi kalau ada yang usil ngangkat ‘anak’ buku kita. Kalau perlu cantumkan alamat yang lengkap. Siapa tahu kalau bukunya jatuh dijalan terus ditemuin sama pak pos. Pak posnya mau nganterin tuh buku. #hush..ngayal lagi.

Third, selipkan (boleh juga kalau mau ditempelkan) di dalam buku aturan peminjaman. Misal, kudu balik setelah sekian lama peminjaman, atau berani nyobek, ente tak ulek di cobek. Hehehe, yah biar yang minjem juga kagak sepaneng baca aturan pinjam kita yang seabrek.

Fourth, jangan segan-segan untuk menagih buku yang terlalu lama silaturahim dirumah orang. Kalau nggak ditagih, bisa-bisa bukunya pindah alamat rumah. J.

The next, bagi yang suka minjem buku. Pliss deh! Itu buku, bukan selimut, jadi kalau mau bobok jangan ditaruh di tempat tidur. Bangun tidur bisa-bisa bukunya sudah kusut. Anggap buku orang lain tuh buku pinjeman, jadi kudu dirawat, cepet dibaca and segera dikembalikan sebelum yang punya lupa siapa yang pinjam buku.

So, marilah kita bersama-sama menjaga jendela dunia. Baik itu jendela punya tetangga, maupun jendela punya sendiri.  JJJ

Je
Nggak suka lihat buku kriting

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment