Jumat, November 02, 2012

Akhwat umbrush!



Saya pakai tameng dulu ah, sebelum ada yang lempar sandal. Hehehehe. Sudah lama banget pengen nulis ini. tapi baru hari ini tersempatkan. Hah..sije sok sibuk yak. Ember, lagi sok sibuk gitu dweh #kumat 4l4y. Nulis tema ini bagi saya agak gampang-gampang susah. Gampang karena hampir setiap hari saya bertemu dengan para akhwat, baik itu dikampus atau di organisasi luar kampus. Susahnya, karena saya tercitrakan sebagai akhwat secara fisik (bagi saya, yang namanya  akhwat itu jauuuuuuuuuhhh lebih baik dari saya). jadinya saya bingung nih, bisa-bisa saya dianggap menghina-dina diri sendiri. Tapi, kalau tidak ditulis, kapan lagi nih saling mengingatkan. Sudah numpuk banyak buanget yang pengen ditulis.

Pertama kali saya datang ke Jogja sebagai mahasiswa (sebelumnya saya sudah berkali-kali ke Jogja), saya sempat bingung. Tinggal dimane nih? Kagak mungkin kan numpang terus ditempat temen. Akhirnya saya dengan si embak yang sering banget saya repoti muter-muter cari kost. Selain cari yang nggak mahal-mahal amat, saya juga cari yang kondisinya save buat saya. maklumlah, waktu itu saya masih fresh the oven, baru keluar dari SMA. Otomatis sikap kolokannya masih nempel kuat. Pertanyaannya adalah, emang sekarang nggak kolokan? Ssttt…rahasia perusahaan. :D

“Dek, mau cari kost biasa atau kost akhwat?” tiba-tiba si embak tanya kayak gitu.
“Emang bedanya apa mbak?”
“Ya beda. Kalau kost akhwat yang tinggal akhwat semua. Sejenis kontrakan gitu. Kalau kost umum ya campuran. Tinggal pinter-pinternya kita milih tempatnya.”
“Hem, lihat dulu deh mbak.”

Sama si mbak, saya diajak ke sebuah kost akhwat di daerah deket kampus. Motor kami berhenti di sebuah bangunan yang sepertinya hidup segan mati pun tak mau. Kenapa saya bilang begitu, dari tampilan depan rumahnya saja sudah bikin ilang feeling alias ilfeel. Sedikit gambaran saja, diding depan rumah sudah mengelupas kayak habis kena kamehamenya sunggoku (nulisnya bener nggak ya), lantainya serasa habis dipakai acara lomba makan semen se-RT, kroak (lubang karena gigitan) dimana-mana. Lalu saya diajak masuk ke salah satu kamar oleh salah satu akhwat yang nge-kost disana. Dan, taraaa…serasa masuk kebun jamur. Temboknya tinggal ditiup pasti langsung ambruk gara-gara udah lembab banget. Saya langsung menoleh ke si mbak yang tadi nganterin saya, eh ternyata si mbak juga sedang melihat kearah saya. Sepertinya yang kita pikirkan saya.

Saya tak sanggup lagi melihat kedapur, apalagi kamar mandi. Tanpa perlu bujuk rayu, saya putuskan ogah kost di kost akhwat. Umbrush bo! Akhirnya saya kost di kost umum yang menurut saya masih cukup save-lah. Meskipun mungkin tidak sekondusif pesantren atau asrama putri. :D.

Beberapa bulan berlalu, saya sudah tak lagi bingung cari kost. Seperti yang saya ceritakan diawal, saya sudah terlanjur tercitrakan sebagai akhwat secara fisik (urusan ruh, biar Allah yang menilai J J), jadilah saya punya banyak teman akhwat. Suatu ketika saya silaturahim kekost salah satu teman akhwat saya. kebetulan dia kost di kost akhwat. Berbeda dengan kost akhwat yang sebelumnya saya temui, kost akhwat kali ini lebih rapi. Meskipun tidak dihiasi bunga-bunga bermekaran, tapi halamannya cukup bersih. Masuk kedalam rumahnya, temboknya cukup normal, sepertinya film D^^gon B^^l belum pernah syuting disini J. Selain itu, yang terpenting adalah tidak ada kebun jamur didalam kost.
Hem, ternyata tidak semua kost akhwat umbrush ya,” batin saya waktu itu.

Eits, secepat itukah saya berpaling? Tidak! Esoknya secara kebetulan saya ada acara bareng beberapa teman. Kebetulan juga acaranya di salah satu kost akhwat yang ada di daerah kampus (bukan dua kost akhwat yang saya ceritakan diatas). Secara tampilan dari depan oke,sandal dan sepatu tertata rapi. Tapi, saya syok seketika saat masuk kamar. What? Umbrush buanget men. pojok belakang pintu ada gulungan kaos kaki yang sudah beberapa hari dipakai, gantungan baju dibelakang pintu penuh dengan baju, jaket, jilbab dan kawan-kawan. Saat itu kebetulan lemarinya sedikit terbuka, dan ternyata taraaa….baju-baju berdesakan. Glek..ini kamar akhwat?

Saya langsung ilfeel seketika. Kayaknya nih tempat pas banget buat latihan marah, karena hanya dengan sekali lihat maka dijamin mood baik kita akan seketika lenyap. Kebetulan saat itu saya disana sampai masuk waktu sholat magrib, dan dengan PDnya saya langsung menuju belakang rumah untuk ambil wudhu. Pemandangan disana tak kalah menakjubkan, piring kotor, rendaman baju, rendaman kaos kaki. Wew..tepok jidat. Tangan saya tiba-tiba gatal syekalee, pengen tambah tak acak-acak, hehehe. Soalnya kalau harus merapikan, saya kira butuh waktu panjang. Ini dari segi rumah dan kamar. Bagaimana kalau segi tampilan?

What? Itu apaan? Saya takjub seketika saat melihat penampakan didepan saya. oopss! Ada mbak-mbak jilbabnya lebar, warna item, bajunya warna ijo, mungkin pengennya hari ini hari ijo sedunia kali ya, rok yang dipakainya pun ijo royo-royo. Ngejreng bo! Lalu ditambah kaos kaki belang-belang biru, putih pink. MasyaAllah, ini penampakan dari mana sih?

Besoknya saya tak kalau takjup, ada mbak-mbak pakai gamis garis-garis warna biru dan pink. Glek! Saya serasa melihat permen yang motonya “Yang belang emang lebih enak”. Mungkin mbaknya seneng banget makan tuh permen kali ya, jadinya menjiwai banget. Tapi nggak segitunya kaleee.

Ini nih salah satu uniknya akhwat (nggak semuanya tapi kabanyakan gitu). Karena tidak mau dandan dan terlihat cantik, jadinya berpenampilan ajaib. Niatnya sih biar nggak ada yang tergoda dengan aura kecantikannya, tapi malah jadi bikin ilfeel. Ini nyata terjadi jendral! Belum lagi kaos kaki yang punya lift otomatis kebawah. Dan rok yang punya lift otomatis ke atas. Semakin ajaiblah penampilannya.

Terkadang untuk menutupi ketidaknyambungannya, si jaket jadi korban. Sehari-hari pakai jaket, apapun yang terjadi tuh jaket kudu nempel terus, kagak boleh dilepas, apalagi dipinjem. Ngemengin masalah penampilan, ada banyak hal yang musti kita bedah tuntas disini, setelah tampilan luar, ada beberapa hal lagi yang penting banget yang musti kudu segera diperbaiki dari si akhwat yang kadang kagak pernah sadar kalau mereka itu jadi sorotan.

B A U!!
Ini menyangkut keberlangsungan fungsi hidung disekitar kita. Bau disini bisa macam-macam. Tapi kali ini akan kita kerucutkan jadi dua hal saja. Bau mulut dan bau badan!
“Stop je! Jangan diterusin!” ada yang lagi protes nih.
“Kenape sih? Bukan dalam rangka menjatuhkan koq. Cuma mengingatkan,” Sije cari alibi.

The first is bau mulut. Seperti yang kita tahu nih, yang namanya akhwat adalah mereka yang terjaga, termasuk juga terjaga ibadahnya. Salah satu ibadah yang paling sering dipraktekin adalah buasa sunnah senin kamis. Sunnah and berpahala sih, tapi kalau jadinya malah mendzolimi orang ya gaswat. Puasa pasti tidak jauh-jauh dengan masalah bau mulut. Nah, sayangnya banyak yang masih dnegan PD-nya berkoar-koar didepan temannya saat bakteri pencipta bau mulut ini aktif. Padahal orang-orang disekitarnya sudah tahan napas dalam-dalam. Nah, mulai sekarang yuk menyempurnakan ibadah kita. Pahala puasanya dapet, pahala menjaga orang lainnya juga dapet. Biasakan menyelipkan satu sikat gigi dan pasta gigi di tas. Setiap ada kesempatan, langsung sikat gigi hingga kita yakin nggak ada lagi bau naga yang keluar dari mulut kita.

Then, bau badan. Saya pernah reflek mundur saat ada salah satu teman saya mendekat. Sebelum akhirnya saya sadar kalau itu bisa menyakitinya. Hal pertama sebelum saya kembali ke posisi semula adalah tahan napas, napas lewat mulut.

Kebetulan yang namanya akhwat itu biasanya aktivis. Bisa dipastikan hampir setiap hari jadwalnya padat merayap. Jangan heran kalau yang namanya kost akhwat pasti sepi syekalee kalau sudah jam 8 pagi keatas dan baru ada kehidupan menjelang isya. Pagi jam 6 teng syuro, habis itu kuliah, dilanjutin aksi jalan kaki menanggapi isu kenaikan BBM, terus ngisi pendampingan agama islam, selanjutnya rapat, sorenya kajian. Bagi yang ketemu pagi sih masih dapet bau seger, nah yang sore apa nggak bikin klenger tuh?! :D. Belum lagi kalau matahari lagi obral panasnya.

Kita sadarlah ya, baju kebesaran kita selain benar-benar kebesaran juga tipe baju yang berkain tebal. Kita nggak mungkin donk pakai baju pantai yang tipis kayak saringan tahu. So, itu pasti bikin kita gerah dan membuat produksi keringat kita akan lebih banyak dari pada mereka yang berbaju mini. Akibatnya bau badan adalah hal yang pasti kita alami. Mending kalau cuma bau badan, bagaimana kalau kaos kaki ikut-ikutan nyumbang baunya yang mak nyus. Apa kita nggak kayak trasi pake jilbab? 

Sekedar saran sih, yang namanya bau sebisa mungkin diantisipasi. Kalau memang harus beraktivitas hingga magrib atau bahkan nginep, usahakan untuk pulang ke kost membersihkan tubuh. Biar nggak mendzolimi hidung orang. :D

#Mari kita tunggu ada yang menulis dengan tema ikhwan umbrus JJJ

Sekali lagi, ini bukan memukul rata, tapi kebetulan Sije nemu banyak yang unik kayak gini. Hehehehe
Je
10.27
031012

    Choose :
  • OR
  • To comment
3 komentar:
Write Comment
  1. kosku donk, enggak umbrush! :p

    BalasHapus
  2. kost ku juga gk koq iz (@faizal21). :P


    #sambil bersih2

    BalasHapus
  3. DUh kos ku berkilat stiap hari, kcuali dapurnya, banyak piring numpuk, hahaha

    BalasHapus