Senin, April 30, 2012

Hati-hati ≠ Tinggi Hati


Credit here
Ini tentang pernikahan. Yuph sekali lagi tentang nikah dan segala pernak perniknya. Selama ini cewek selalu diidetikkan dengan dunia tolak menolak dan dan cowok diidentikkan dengan dunia pilih memilih. Seolah yang namanya cewek tuh kagak boleh memilih, and yang cowok kagak boleh nolak. Huh…*sambil mendengus. Dasar budaya, menggeser banyak hal. Padahal niy ya, yang namanya cowok tuh boleh-boleh aja nolak. Nah cewek juga boleh-boleh aja milih. Tentu saja dengan porsi yang tepat.

Nah, untuk urusan cowok, biarlah para penulis cowok yang menuliskannya. Ini tentang urusan cewek, (yang cowok boleh ikutan nimbrung koq). Tentang yang katanya cewek tuh bolehnya cuma nolak, itu aja kalau masih dengan embel-embel. Kalau nolak cowok, ada yang ngira tinggi hati lah, sombong lah de el el. Padahal yang namanya cewek tuh boleh banget nolak cowok, kalau memang dia tidak memenuhi kriteria sebagai seorang qowam.

Sikap penolakan ini bukan semata-mata untuk sebuah kesombongan, apalagi tinggi hati. Jauh dari itu semua. Ini semua tentang kehati-hatian dalam memilih. Memilih atau menerima seseorang sebagai qowam bukan sebuah permainan yang apabila game over, kita bisa mengulangi permainan dari awal. Ini adalah keputusan yang diharapkan menjadi keputusan pertama dan terakhir seumur hidup.

Memilih qowam tentu saja dengan pertimbangan yang sangat matang. Misal ada satu orang atau dua orang yang ditolak, itu sesuatu yang wajar. Ini tentang masa depan dunia akhirat. Bukan hanya untuk waktu yang sejengkal.

Hanya saja, akan berbeda kasusnya apabila yang ditolak adalah bukan hanya satu orang dua orang. Itupun dengan alasan yang tidak pokok, misalnya urusan fisik saja. Meskipun pada dasarnya, fisik itu juga penting dan menolak karena hal-hal yang bersifat fisik pun diperbolehkan.

Sekali lagi,penolakan itu bukan hanya karena kesombongan atau tinggi hati tapi karena kehati-hatian dalam melangkah.



#refleksi singkat

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment