Senin, April 30, 2012

Akhwat Up to Date

Credit here

Ini bukan tentang cara bergaul. Apalagi tentang style berpakaian. Ini tentang cara pandang. Ini tentang keluasan berfikir. Ini juga tentang sejauh apa kita memperluas wacana terhadap arus informasi yang berkembang saat ini.

Beberapa waktu yang lalu sempat ngobrol dengan beberapa orang akhwat. Saat itu ada yang bertanya tentang  berita yang sedang hangat saat-saat itu. Sengaja diam. menunggu, apa yang kira-kira akan disampaikan. Beberapa saat terdiam. forum menjadi sepi, tidak ada satupun yang berbicara. Detik kemudian ada seseorang yang angkat bicara, memberikan satu berita yang sebenarnya sudah tidak hangat. Tentang LKS untuk anak SD yang disusupi materi tentang perselingkuhan. Bukan beritanya yang membuat heran. Tapi tanggapan dari yang lain,
“hah, masa` sih?”
“Ada ya yang kaya` gitu.”
“Koq, bisa sih.”
Hello, itu berita jadul kawan. Kenapa baru heran sekarang? hukss

Ada apa? apa setiap hari hanya tadarus saja? Atau hanya menghafal saja? Atau kajian saja? Ah…nggak juga. Banyak yang setiap hari up date status di FB. Lalu, apakah fasilitas internetnya hanya digunakan untuk FB saja? Misal ada tambahan paling-paling hanya untuk membuka situs-situs keagamaan saja? Lalu mana porsi berita? Kapan muslimah-muslimah itu membuka tulisan-tulisan wartawan yang menuliskan kejadian-kejadian yang fresh? Hingga berita pun mereka nggak up date. Tidak ada yang salah dengan tiap hari tadarus, apalagi setiap hari kajian dan menghafal. Juara...kalau tiap hari kajian, tadarus dan menghafal. Tapi apakah iya, kita kemudian meninggalkan informasi? Okelah kalau tidak mau berurusan dengan internet, TV dan lain sebagainya. Baca Koran yuukk! Cari Koran yang berkualitas, biar tidak ada berita esek-esek-nya.

Hai kaumku, hai kawanku, hai saudaraku. Sebagai seorang muslimah, sepertinya ada satu yang terlewat kalau kita tidak up date media. Flash back dari kejadian-kejadian selama ini yang terjadi disekitar kita, orang tua terutama ibu yang menjadi madrasah pertama seorang anak, sering kecolongan dengan anaknya.  Anaknya melek media, bisa mengakses apapun dari berbagai sumber. Ibunya tidak bisa berbuat banyak.

Lebih miris lagi kalau ada seseorang yang boleh dikatakan faham islamnya masih kurang, tiba-tiba bertanya tentang sesuatu yang ada hubungannya tentang suatu kejadian yang baru-baru saja terjadi. Kita hanya bisa menjawab, “Oh..iya ya? Ada kejadian seperti itu ya?” hmmm 

Up date berita itu berbeda dengan up date berita artis koq. Kan filter yang terbaik itu ada pada diri kita. Lalu apa lagi yang dibingungkan? Misal ada berita artis yang ikutan nongol di situs berita, ya tinggal diabaikan saja. Tidak usah dibuka. Beres kan?


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment