Selasa, November 20, 2012

Ngapain sih masuk FLP?



Saya sudah pake baju besi nih, jadi kalau ada yang mau nimpuk sendal biar nggak kerasa, hehehe. Maaf ye teman-teman FLP Yogyakarta, bukan dalam rangka menjelek-jelekkan FLP koq, cuma mau sedikit ‘nyubit’ temen-temen dan diri sendiri tentunya. Ngapain sih dulu capek-capek masuk FLP? Dibela-belain bikin karya yang paling oke biar keterima FLP. Begitu lolos saringan karya masih juga datang ke wawancara calon anggota FLP, buat apa coba? Lalu pas udah masuk kita ‘dipaksa’ ikut PDKT, mana bayarnya juga nggak bisa dibilang murah. Ngapain sih? Ngisi waktu luang? Atau jangan-jangan cuma buat gengsi-gengsian aja, kan keren tuh kalau nulis kurikulum vitae, kita bisa dengan PD bilang kalau kita anggota Forum Lingkar Pena. Forumnya para penulis, penulis bo! Keren kan!

Yuk lihat spion bentar!

Masa lalu sih boleh dilupain, tapi kalau sebuah alasan memilih suatu hal, kayaknya kalau bisa jangan dilupain dweh. Kebayang nggak sih kalau nanti ditanyain sama malaikat,
“eh Je, kenapa kamu dulu masuk FLP?”
“Hehehe, lupa.” sambil nyengir kuda.
Bisa dibayangkan gimana caranya malaikat buat bikin kita inget? I can`t imagine. So, yuk mari mulai lomba mengingat. Kenapa sih dulu pengen buanget masuk FLP.
1.     Pengen belajar nulis
2.    Pengen jadi penulis
3.    Pengen jadi penulis terkenal
4.    Pengen kaya dari nulis
5.    Buat nggaya aja.
6.    Pengen dakwah lewat tulisan
7.    Etc

Lalu, sekarang mana dari alasan itu yang masih layak untuk dipertahankan? Pengen belajar nulis? Pengen belajar nulis, terus jadi penulis, dan tentu saja dakwah lewat tulisan.
Oke deh, mantep tuh jawabannya, lalu mana dari sekian alasan itu yang masih bertahan untuk dilakukan? Belajar nulis? Yakin? Bagi yang sudah lewat jamannya forum, masih rajinkah ikut klub? Sejauh mana kita saling mengingatkan untuk terus menulis? Sejauh mana kita mau mencari ilmu dari tulisan karya orang lain. Hem, bijimane mau dapat ilmu dari karya orang lain, lha wong kalau ada teman satu angkatan di FLP nulis aja kagak pernah dibaca, apalagi dikomentari. Paling pol kalau ada yang posting tulisan cuma  nyumbang jempol doank. Bijimane dapet ilmunya coba. Kagak ade ceritanye ilmu kita tiba-tiba numpuk hingga luber. Pengalaman juga nggak tiba-tiba kita rasakan layaknya dejavu bukan. Kita perlu untuk mencermati apa yang terjadi kepada orang lain. Termasuk juga dari karya orang lain, tulisan orang disekitar kita.

Terus, karena pengen jadi penulis? Kagak usah masuk FLP juga bisa jadi penulis mas bro and mbak bro. Banyak tuh yang tulisannya nongol diberbagai media dan dia tidak memulainya dari Forum Lingkar Pena. Menulis, hanya itu yang mereka lakukan. Lah kita? Ngakunya sih anak FLP, tapi kagak ade karya yang nongol di media massa (nyindir diri sendiri), jangankan buku, artikel aja kagak ada yang muncul di Koran. Oke, kita turunkan standard eh, boro-boro karyanya tembus media, mau nulis aja udah bagus. Giliran nulis, blog mulu yang diisi (nampar diri sendiri), kapan novelnya jadi? Kapan buku yang katanya akan menginspirasi dunia itu bakal muncul di rak toko buku? Bukan menginpirasi dunia khayalan kan yang dimaksud?

Selanjutnya pengen dakwah lewat tulisan. Lah nulis aja kagak mau bijimane mau dakwah. Giliran udah nulis, tuh tulisan kagak boleh dibaca orang lain. Ndekem mulu di hardisk si lapy atau kompi. Nanti giliran sudah nulis tulisannya nyeleneh. Tahu maksudnya nyeleneh? Jauh dari dakwah. Persamaan gender yang kelewatanlah, LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender) yang kebablasenlah. Aku percaya deh kalau tema-tema kayak gitu tuh emang banyak banget yang minat, tapi apa iya tulisan kita lebih ke dakwahnya? Jangan-jangan justeru sebaliknya. Sok nggaya nulis tema LGBT, malah tulisan kita menginspirasi orang buat berlaku yang diluar jangkauan akal sehat. Kalau ada temen satu FLP sewot, alasannya macem-macem. Mulai dari cari gaya menulis baru hingga pakai alibi kalau tuh tulisan sesuai banget ma kondisi yang ada di masyarakat sekarang. Terus mane dakwahnye akh bro and ukh sist? Katanya mau mberesin orang, nyatanya dia sendiri yang minta diberesin. :D :D

Emang nggak boleh po nulis tentang sesuatu yang ada di sekitar kita? Bolehlah, boleh banget. Siapa bilang nggak boleh? Tapi, nilai dakwahnya kudu masuk juga donk! jangan ampe ketinggalan, porsinya dilebihkan. Bikir cerpen dari awal sampe akhir isinya tentang pacaran mulu, dari cara nembak pacar hingga yang aneh-aneh. giliran content dakwahnya masuk, cuma dikasih space di paragraph terakhir. Itu aja dengan gaya penulisan yang ‘tua’. Yaaa… gimane mau mempan dakwahnya.

So, ngapain masuk FLP? Apakah sampai sekarang kita masih bisa membedakan antara saat kita masuk ke BEM, HIMA, LSM, dengan kita masuk FLP? Jangan-jangan nggak ada bedanya. Padahal kau tahu kawan? Disini, di FLP kita temukan editor paling lengkap untuk naskah-naskah kita. Ada begitu banyak tukang saring naskah, tukang kritik biar tulisan kita jadi oke punya.

Lihat dan cermati, ada berapa macam teenlit yang beredar dipasaran? Apakah ada yang isinya cukup bisa disebut layak untuk disebut dakwah? Coba sekali-sekali maen ke panggung-panggung teater, hitung ada berapa banyak yang duduk dikursi, belum lagi yang lesehan dibawah. Selanjutnya amati, apa yang sedang disuguhkan dipanggung itu? Sekedar lekuk tubuh atau sesuatu yang lebih berarti?

Kini masihkah akan kau siakan kesempatan untuk bertemu dengan mereka yang masing menggenggam keyakian bahwa sastra harus diamankan, dan budaya harus diselamatkan? Apa yang sudah coba kau selamatkan hari ini? JJJ

Je
Spesial untuk kawan seperjuangan

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write Comment